Mengenal 10 macam singkatan dan fungsi/kegunaannya JPG, JPEG, PDF, MP3, MP4, GIF, TIFF, PNG, EPS, &BMP.

Assalamu'alaikum Wr Wb.😊

Kali ini saya akan mempelajari tentang cara mudah memahami singkatan dari jenis jenis gambar yang terdapat dalam setiap format foto/gambar yang kalian miliki.

Mengenal singkatan & fungsi/kegunaannya JPG, JPEG, PDF, MP3, MP4, GIF, TIFF, PNG, EPS, &BMP.


  •  JPG (Joint Photographic Group) Untuk format ini hanya mampu menayangkan warna dengan kedalaman 24-true bit colour.
  • JPEG (Joint Photographic Experts Group) Untuk format ini tidak jauh berbeda dengan JPG tetapi untuk format ini lebih banyak digunakan untuk menghasilkan gambar gambar dari hasil foto atau Screenshot.
  • PDF (Portable Document Format) Format PDF mempertahankan layout asli dokumen. Selain itu, dalam format PDF, pengguna dapat mengedit dokumen menggunakan perangkat lunak yang tepat.
  • MP3 (Moving Picture Experts Group Layer-3 Audio) MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil.
  • MP4 (MPEG-4 VIDEO FILE)
  • GIF (Graphics Interchange Format) Untuk format ini dapat menampilkan gambar animasi atau disebut animated GIF seperti yang dapat kita jumpai di BBM kita dapat melihat gambar bergerak.
  • TIFF (Tagged Image File Format) Adalah format gambar yang fleksibel biasanya menyimpan 16 bit per warna yaitu merah, hijau, dan biru untuk total 48 bit atau 8 bit per warna yaitu merah, hijau, dan biru untuk total 24 bit.
  • PNG (Portable Network Graphics) Adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut.
  • EPS (Encapsuled Postcript) Adalah suatu format berkas grafik yang dapat berisikan grafik vektor, teks ataupun bitmap.  Suatu berkas EPS pada intinya adalah suatu berkas postscript yang memenuhi pembatasan tambahan.
  • BMP (Bitmap Picture) Untuk ukuran file ini lebih mengutamakan tinggi lebar dan pixel dengan resolusi yang cukup tinggi yaitu 1024x768.



Terimakasih,semoga bermanfaat🙏
Wassalammualaikum Wr Wb.😊



Referensi:

https://mdaviddarmansyah.blogspot.com/2017/01/mengenal-singkatan-jpg-jpeg-gif-tif.html?m=1
http://sarang-info.blogspot.com/2011/09/kepanjangan-dari-format-format-komputer.html?m=1
https://id.m.wikipedia.org/wiki/MP4

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan karya Vidgram Keren

Pengertian & 10 Search Engine (mesin pencari)